WAJIB BACA:Tips Menangkal Berita Hoax Yang Kini Kian Marak Di Media Sosial

Iklan 728x90

WAJIB BACA:Tips Menangkal Berita Hoax Yang Kini Kian Marak Di Media Sosial



FENDIALPHRA.ZONE.ID - Akhir-akhir ini banyak sekali berita hoax yang beredar di media sosial yang dapat berdampak buruk di kehidupan nyata. Contohnya saja issue penculikan yang belum diketahui kebenarannya, issue ini dapat meresahkan masyarakat karena akan timbul rasa waspada yang berlebihan pada orang tua terhadap anak-anaknya dan pada akhirnya orang tua melarang anaknya bermain diluar rumah, padahal bermain diluar rumah bersama teman-teman sebaya adalah masa kecil yang sangat indah tetapi orang tua juga wajib untuk memantaunya.

Teknologi yang kini makin canggih dimanfaatkan para oknum penyebar hoax untuk beraksi, melalui sosial media seseorang dapat menyebarkan sebuah informasi dari satu orang ke orang yang lainnya hanya dalam waktu beberapa detik saja. Anehnya berita atau informasi yang menyebar di media sosial tersebut yang belum diketahui kebenarannya, masyarakat seringkali dengan mudah menerima dan menelan mentah setiap informasi yang ia baca atau ia dapat.

Kini berita hoax sudah dirancang sedemikian rupa menyerupai berita aslinya, bahkan tidak sedikit informasi yang disampaikan dilengkapi dengan data-data yang seolah-olah informasi tersebut adalah fakta. Sehingga pada akhirnya hal itu akan memberikan pengaruh kepada pemikiran publik tanpa mereka bertindak kritis dan mencari tahu apakah berita tersebut benar atau salah. Informasi inilah yang kemudian menggiring opini publik dan menyebar dengan luas begitu saja.

Ditambah lagi dengan kebiasaan para pengguna media sosial yang dengan mudah percaya pada suatu informasi dan langsung membagikan ke akun media sosialnya dengan begitu saja. Hal itu akan membuat informasi tersebut semakin cepat menyebar.

Berikut sedikit tips untuk menangkal berita hoax :

  1. Jangan mudah percaya terhadap berita yang beredar cari dulu kebenaranya.
  2. Lakukan proses cross check atau memeriksa kembali setiap informasi yang telah menyebar tersebut.
  3. Jangan mudah terpengaruh gambar atau video yang virall karena bisa saja itu hanyalah editan.
  4. Sebelum menyebarkan informasi kepada teman atau keluarga sebaiknya cari dulu keaslian berita tersebut.
  5. Berfikir cerdas.


Ayo kita sama-sama STOP berita hoax agar Indonesia tentram, damai dan sejahtera.

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment